Jumat, 22 Mei 2009

SMKN 1 CIANJUR GELAR UJIKOM RPL

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 pasal 64 bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik harus dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas, yang akan dipergunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Selanjutnya dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan berdasarkan standar penilaian yang berlaku secara nasional. Mengingat struktur kurikulum SMK mencakup aspek kognitif dan psikomotorik yang meliputi pula aspek afektif, maka Ujian Nasional Kompetensi Keahlian Kejuruan dirancang dalam bentuk ujian teori kejuruan dan praktik kejuruan(Individual Task).

Hal tersebut diamanatkan dalam Permendiknas Nomor 78 Tahun 2008 tentang Ujian Nasional Tahun 2008/2009 dan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 1513/BSNP/XII/2008 tentang Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional SMP, MTs, SMPLB, SMALB dan SMK Tahun Pelajaran 2008/2009. Melalui bentuk ujian tersebut diharapkan dapat menjamin terselenggaranya sistem penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment)
yang lebih taat asas, dan pada gilirannya dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang berbasis kompetensi/produksi. Kemudian, hasil Uji Kompetensi Keahlian ini akan digunakan untuk memetakan mutu/kualitas pendidikan kejuruan pada SMK.

Begitupun dengan SMKN 1 Cianjur, sebagai salah satu SMK yang memilki Program Keahlian TIK mengadakan kegiatan Uji Kompetensi bagi siswa-siswi kelas 3 Jurusan RPL. Ujikom dilaksanakan selama 3 hari (19-21 Maret 2009) masing-masing 8 jam tiap harinya.

Ujikom mengacu kepada standar soal yang diterbitkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yakni membuat aplikasi perpustakaan web base. Dengan melibatkan 2 penguji Internal SMKN 1 Cianjur (Bpk. Sidik Sumartono dan Bpk. Anto) dan 1 Penguji Eksternal perwakilan dari Telkom Kandatel Cianjur (saya sendiri, Gun Gun Gunawan).

Dengan jadwal yang padat selama 3 hari tersebut, diharapkan siswa pandai-pandai menjaga kondisi dan memanfaatkan waktu untuk giat lagi belajar dan berdoa, itu yang tidak henti-hentinya disampaikan oleh Ketua Jurusan TIK, Hj. Ridna Adriana kepada seluruh siswa menjelang waktu istirahat.

Ujikom berakhir esok hari dengan kegiatan finishing Aplikasi, Reporting dan ditambah dengan kegiatan Presentasi tiap siswa. Wakasek Kurikulum, Heri Siswanto berharap pembelajaran total bisa diperoleh siswa sehingga apabila dalam waktu 3 hari tersebut tidak selesai, maka siswa yang bersangkutan bisa melanjutkannya dihari yang lain sampai tuntas. Sehingga diluar ujikom, semua siswa wajib menyelesaikan program yang dibuatnya.
Sumber : cianjurcybercity.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar